Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan

Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan - Hallo sahabat Wisata Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Garut, Artikel Jawa Barat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan
link : Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan

Baca juga


Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan

Tegal Panjang
Tegal Panjang

Telah banyak beredar foto-foto cantik yang berlokasi di Tegal Panjang, dengan luasnya padang rumput atau savana yang mempesona. Hamparan rumput luas yang menghias diantara pegunungan dan perbukitan di kawasan Pangalengan ini memang cukup terkenal di kalangan traveller. Karena keindahannya telah banyak mengundang wisatawan untuk datang dan mengabadikan keindahannya.
Tegal Panjang memiliki luas area sekitar 46.830 hektar dan hampir seluruh wilayahnya ditumbuhi rumput hijau yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi. Dengan disebelah utara terdapat Gunung Kondang, sebelah Timur terdapat Gunung Jaya dan selatan terdapat Gunung Papandayan dan Gunung Puntang. Area rumput yang luas dan sangat dijaga ketat kerena merupakan kawasan konservasi yang dilindungi, kawasan ini menjadi habitat hewan langka.

Lokasi dan Rute Menuju Tegal Panjang

Tegal Panjang berada di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut. Untuk menuju Tegal Panjang terdapat dua rute yang dapat dilewati yaitu melalui jalur Gunung Papandayan dan Pangalengan yang membutuhkan waktu sekitar 6 jam tracking.
Jika menggunakan rute Gunung Papandayan menuju Desa Cisurupan (Garut) sedangkan jika dari Pangalengan menuju Desa Cibatarua. Jika menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa menggunakan jallur Tol Buah Batu – Bojongsoang – Dayeuhkolot –Banjaran – Pangalengan. Kemudia dilanjutkan menuju Desa Cibutarua yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan tracking dan kamu akan menemukan hamparan kebun teh sampai batas kebun teh dan masuk ke perbatasan.
Kamu juga bisa melewati rute Papandayan, namun sebelum itu kamu harus memiliki SIMAKSI yang jelas dan rsmi dari BKSDA. Rute yang dilewati merupakan kawasan hutan tropis yang sejuk, kamu juga akan ditemani dengan pemandangan cukup unik dengan pepohonannya yang ditumbuhi lumut.
Tegal Panjang merupakan kawasan Cagar Alam yang berada di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan yang memiliki keunikan flora dan fauna yang harus terbebas dari campur tangan manusia atau dibiarkan secara alamiah. Sehingga SIMAKSI hanya boleh dikeluarkan untuk kepentingan dan tujuan seperti penelitian, jurnalistik, kegiatan sosial, ilmu pengetahuan, pendidikan, ekspedisi dan kegiatan religi.
Karena termasuk kedalam Cagar Alam sehingga Tegal Panjang bukanlah tempat wisata yang bebas untuk dikunjungi kapan saja tanpa adanya keperluan tertentu, karena untuk menjaga kelestarian flora dan fauna yang berada di dalamnya juga harus memiliki SIMAKSI dari BKSDA yang sah.
Sekian informasi mengenai Tegal Panjang yang memiliki pemandangan yang indah dengan suasana yang menyejukkan.

Belum ada Komentar untuk "Tegal Panjang, Surga Tersembunyi di Papandayan yang Menawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel